Diabetes Insipidus yang Bukanlah “Diabetes”

Saat Anda mendengar kata “diabetes insipidus”, apa yang keluar di fikiran Anda? Umumnya orang mungkin saja segera menduga kalau penyakit ini terkait erat dengan diabetes melitus. Sesungguhnya, arti “diabetes” mengacu pada keadaan yang mengakibatkan penambahan produksi urin. Serta penyakit diabetes insipidus adalah satu diantara type diabetes yang paling mengakibatkan Anda seringkali buang air.baca juga

Diabetes Insipidus yang Bukanlah “Diabetes”

Diabetes insipidus menyebabkan rasa haus terlalu berlebih serta buang air kecil terus-menerus. Pemicunya adalah problem pada hormon spesifik atau pada reseptor hormon. Penyakit ini bisa menyebabkan keadaan dehidrasi bila tidak ditanggulangi.

Apa Itu Diabetes Insipidus?

Diabetes insipidus dikarenakan oleh problem terkait dengan hormon antidiuretik atau reseptor (penerima) dari hormon itu. Hormon antidiuretik (ADH) di produksi di satu sisi otak yang bernama hipotalamus serta disimpan dalam kelenjar hipofisis otak. Pelepasan ADH mengakibatkan ke-2 ginjal berupaya menahan air hingga buat urin jadi lebih pekat.

Wajarnya, bila Anda terasa haus atau agak dehidrasi, kandungan ADH juga akan bertambah. Ginjal menyerap kembali semakin banyak air serta keluarkan urin yang pekat. Tapi bila Anda meminum banyak air, kandungan ADH juga akan alami penurunan serta mengakibatkan urin yang di keluarkan lebih jernih serta encer.

Ada dua problem terkait dengan ADH sebagai penyebabnya diabetes insipidus. Pertama, ADH yang di produksi sangat sedikit. Apabila disebabkan oleh penyebabnya ini, jadi diberi nama diabetes insipidus sentral. Ke-2, ADH yang di produksi memenuhi, tetapi ginjal tidak meresponnya. Keadaan yang disebabkan oleh hal semacam ini dimaksud diabetes insipidus nefrogenik.

Dalam ke-2 type diabetes insipidus itu, hasil pada akhirnya tetaplah sama. Ke-2 keadaan keduanya sama menyebabkan ginjal tidak mampu lakukan tugasnya untuk menahan air. Bahkan juga ketika seseorang pasien diabetes insipidus alami dehidrasi, ginjalnya juga akan tetaplah hasilkan keluarkan banyak urin encer.

Spesial diabetes insipidus nefrogenik, keadaan itu bisa dihadapi sejak dari lahir karena kelainan genetik yang dengan permanen merubah kekuatan ginjal dalam mengolah urin. Diabetes insipidus nefrogenik umumnya terkena oleh lelaki, tetapi seseorang wanita dapat jadi pembawa gen serta turunkan ke anaknya.

Sedang dalam masalah diabetes insipidus sentral, pemicunya sering yaitu rusaknya pada kelenjar hipofisis otak atau hipotalamus. Rusaknya mungkin saja disebabkan oleh operasi, tumor, penyakit (seperti meningitis), peradangan, atau cedera kepala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *