Inilah Perubahan Tubuh Pada Wanita Setelah Melahirkan

Tubuh anda sudah pasti berubah selama beberapa waktu setelah melahirkan. Namun perubahan apa saja yang dikategeorikan normal oleh para ahli kesehatan? Berikut diantaranya:

1. Pendarahan

Pendarahan atau lochia biasanya terjadi selama enam minggu setelah melahirkan. Awalnya, darah yang keluar akan berwarna merah tua lalu menjadi merah muda atau coklat. Di saat-saat terakhir, biasanya darah berubah menjadi agak sedikit kekuningan hingga putih dan akhirnya berhenti. Volumenya akan berkurang seiring waktu yang berjalan. Jika pendarahan tak kunjung surut, malah bertambah banyak dan berupa gumpalan yang lebih besar dari koin, segera konsultasi dengan dokter kandungan anda.

2. Rambut rontok

Beberapa pekan setelah si kecil lahir, anda akan mengalami kerontokan rambut dalam jumlah banyak. Rata-rata orang kehilangan 100 rambut dalam sehari, namun ibu hamil malah lebih sedikit rambutnya yang rontok karena pengaruh hormonal. Sebaliknya ketika sudah melahirkan, tubuh anda akan mengalami kerontokan yang lebih banyak selama 6 bulan. Tapi tidak perlu khawatir, karena rambut anda akan segera normal kembali setelah itu.

3. Kencing di Celana

Tak bisa menahan kencing? Ini biasa terjadi setelah melahirkan dan biasanya dialami dalam waktu singkat. Solusinya, seringlah buang air kecil, meski hanya sedikit, dan lakukan senam kegel.

4. Sembelit

Begah dan sembeli terjadi karena proses melahirkan akan membuat pergerakan di usus melambat. Banyak bergerak dan meminum banyak cairan bisa membantu agar pergerakan usus lancar kembali.

5. Mudah lapar

Anda akan lebih rakus ketika menyusui karena anda membutuhkan tambahan kalori agar bisa memenuhi kebutuhan anda dan bayi. Yang jelas, jangan berdiet dulu. Lebih baik cukupi asupan nutrisi agar anda mendapatkan energi yang dibutuhkan. Meski demikian, anda juga boleh berolah raga ringan seperti meregangkan badan, kegel, berjalan kaki di sekitar rumah. Yang tidak boleh adalah mengangkat atau membawa barang berat.

6. Sakit Punggung

Seorang ibu yang baru melahirkan dapat juga menderita sakit punggung akibat sikap tubuh yang buruk selama kehamilan. Umumnya, masalah ini akan normal sendiri dalam enam minggu pertama setelah melahirkan. Jika tidak, Anda mungkin perlu menemui dan konsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *