Tips Merawat Rambut Setelah Berenang

source : www.namcopool.com

Berenang bukanlah hanya sekedar olah raga biasa. Ada banyak sekali kegiatan lainnya yang dapat dilakukan dengan berenang. Berenang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan pernapasan. Selain itu, berenang merupakan salah satu olah raga terbaik karena melibatkan pergerakan seluruh anggota tubuh.

Namun, dari sekian banyaknya manfaat dari berenang, ternyata ada juga efek yang dirasa kurang menyenangkan bagi wanita. Jika kamu setelah melakukan renang, maka rambut akan menjadi lengket dan kusut. Tidak hanya itu saja, bahkan dengan berenang dapat menjadi salah satu penyebab rambut menjadi berubah warna. Terlebih lagi bagi wanita yang memiliki bentuk rambut yang keriting maka akan semakin terasa kusut setelah berenang.

Kadar klorin yang terkandung dalam air menjadi penyebab utama rambut menjadi susah diatur dan lengket. Rambut dapat menjadi kering dan tidak sehat karena klorin mampu menembus rambut dan menghilangkan kelembaban rambut. Air yang terdapat pada kolam renang dapat memberikan efek yang hampir sama dengan pemutih. Efek yang ditimbulkan yaitu warna rambut akan berubah menjadi lebih terang dari sebelumnya.

Agar kamu tidak mengalami hal tersebut ada beberapa perawatan yang harus dilakukan baik sebelum maupun sesudah berenang. Berikut beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan rambut.

Lembabkan Rambut dengan Air Bersih

Dengan memakai penutup kepala saat berenang merupakan salah satu bentuk pencegahan agar rambut tidak terkena air kolam renang, namun hal tersebut tidak dapat menjadi salah satu jaminan rambut menjadi tetap lembab. Disarankan untuk melembabkan rambut dengan menggunakan air bersih sebelum mulai berenang. Dengan begitu, dapat mencegah korin untuk masuk ke dalam rambut karena adanya kandungan air bersih.

Minyak Rambut

Kamu dapat memakai minyak rambut sebelum memulai aktivitas berenang, karena air tidak akan dapat menyatu dengan minyak sehingga rambut akan tetap terjaga kelembabannya. Disarankan untuk memilih jenis minyak rambut yang sesuai dengan jenis rambutmu, karena jika tidak, malah dapat menyebabkan masalah baru pada rambut.

Melakukan Keramas Setelah Berenang

Salah satu upaya untuk menghilangkan kandungan klorin yang ada pada rambut setelah berenang yaitu dengan cara keramas dengan menggunakan air bersih.

Nah, diatas adalah beberapa tips yang dapat kamu coba untuk mengatasi rambut yang kusam dan kusut setelah berenang. Tentunya tiap wanita memiliki perawatan yang berbeda-beda tergantung pulla dari jenis rambutnya. Semoga hal tersebut dapat membantu girls.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *