Varian Pecel di Indonesia

Ada beberapa varian pecel yang ada di Indonesia. varian ini muncul sesuai dengan nama daerahnya. Berikut beebrapa varian pecel yang terkenal seantero Indonesia dan dicari pula oleh wisatawan luar negeri.

  1. Pecel Madiun

Pecel Madiun memiliki tekstur yang sekilas mirip dengan pecel pada umumnya. Pecel Madiun, terdiri atas sayur rebus antara lain kacang panjang, bunga turi, kecambah, kenikir, bayam, daun singkong dan papaya. Ada juga yang menambahkan bahan lain seperti pete cina, kemangi, dan potongan krai, ketiga bahan ini tidak lazim disajikan di Jawa Tengah, daerah sekitar Yogyakarta dan Surakarta serta undercover . Sayuran tersebut kemudian disiram dengam bumbu kacang yang mengandung cabai, gula merah, dan juga sari jeruk purut. Pecel Madiun biasa dinikmati bersama dengan aneka lauk seperti tempe, daging empa, telur ayam dan telur asin.

  1. Pecel Ponorogo

Berdekatan dengan Madion, Ponorogo memiliki pecel khas mereka sendiri. Bahkan jika menurut pada rumor peredaran pecel, awal mula pecel berasal dari daerah ini yang kemudian dibawa ke luar daerah oleh para pelancong. Pecel Ponorogo memiliki khas khusus, di dalam sayuran yang jadi bahan utama pecel, harus ada sayur trancam. Di samping itu, saus kacang pecel Ponorogo pasti berasa pedas, lebih pedas dari Pecel Madiun atau yang lainnya.

pecel

  1. Pecel Tulungagung

Kota yang dikenal sebagai kota Marmer ini juga memiliki sajian yang dinamakan pecel. Pecel khas tulungagung memiliki cita rasa khas terutama karena saus kacangnya cenderung manis daripada gurih atau pedas. sajian pecel di Tulungagung biasa ditemani dengan tempe goreng dan terasi dele. Anda belum pernah mendengar terasi dele? Terasi dele adalah makanan yang teksturnya bulat kecil, memiliki warna cokelat, terbuat dari campuran tempe, parutan singkong, daun bawang, dan seledri. Rasanya gurih-gurih pedas.

  1. Pecel Kediri

Ciri khas pecel di kota Kediri ialah menggunakan sambal tumpang, bukan sambal kacang. Sambal tumpeng ialah sambal yang terbuat dari tempe busuk, pengolahannya dicampur dengan cabe, bawang, garam, dan bumbu dapur lainnya. Tempe busuk ini diolah sedemikian rupa menjadi saos yang mantab terasa ketika menjadi saos pecel khas Kediri. Jangan takut menyantapnya, meskipun terbuat dari tempe busuk, tempe yang diolah menjadi saos tidak betul-betul busuk, tempenya masih aman untuk disantap kok.

  1. Pecel Nganjuk

Nama pecel Nganjul cukup terkenal di berbagai daerah dan tersedia di catering jakarta naboxparah . Varian pecel Nganjuk dikenal juga dengan nama pecel bledek. Penamaan itu diambil dari istilah jawa bledek yang berarti petir. Penamaan itu disesuaikan dengan cita rasa pecel Nganjuk yang cenderung pedas, tidak sama dengan pecel lainnya yang cenderung manis atau gurih di lidah. Pecel Nganjuk justru menawarkan cita rasa pedas. bagi pecinta pedas, sudah pasti cocok dengan cita rasanya.

 

Bagaimana? Siap untuk menaklukkan salah satu cita rasa pecel yang disebutkan di atas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *